da Tobroson Tetes Mata - Kegunaan , Aturan pakai | BorneoS.F
Home » » Tobroson Tetes Mata - Kegunaan , Aturan pakai

Tobroson Tetes Mata - Kegunaan , Aturan pakai

TOBROSON

Tetes Mata Steril


KOMPOSISI

Tiap mL larutan mengandung :
Tobramycin : 3,00 mg
Dexamethasone sodium phosphate : 1,00 mg


INDIKASI

Infeksi mata bakrei supersfisial atau adanya resiko infeksi bakteri yang membutuhkan kortikosteroid seperti : inflamasi konjungtiva palpebral dan bulbar, kornea dan segmen anterior bola mata, uveitis anterior kronik, luka pada kornea karena zat kimia, radiasi, terbakar karena panas atau karena penetrasi zat asing.


POSOLOGI / ATURAN PAKAI

1 – 2 tetes setiap 4 – 6 jam. Dosis dapat ditingkatkan 1 – 2 tetes tiap 2 jam selama 24 – 48 jam pertama. Kemudian frekuensi harus diturunkan terhadap sesuai tanda tanda perbaikan klinis.


DESKRIPSI

TOBROSON (Tobramycin 0,3%, Dexamethason sodium phosphate setera dengan dexamethasone 0,1%) merupakan preparat antibiotik steril yang secara spesifik digunakan untuk mengobati infeksi luar pada mata. TOBROSON
Tiap mL larutan tetes mata mengandung : Tobramycin 3 mg, dexamethasone sodium phosphate setara dengan dexamethasone 1 mg,, tobramycin adalah antibiotik aminoglikosida dan anti inflamasi.


CARA KERJA OBAT

Tobramycin memiliki aktivitas bakterisid terutama terhadap bakteri Gram negative seperti Pseudomonas aeroginosa. Enterobakter aerogenenae, Escherichia coli. Proteus da Klebsielia sp. dengan cara menghambat sintesis protein sel bakteri tersebut, juga terhadap strain yang sensitive dari staphylococcus termasuk S.aureus dan S.Epidermidis (coagulase positif dan coagulase negative termasuk strain yang tahan Penicilinase).

Streptococci termasuk beberapa spesies dari β-hemolytic group A, beberapa species non-hemolytic dan beberapa jenis streptococcus penumoniae.


KONTRAINDIKASI

Pasien yang hipersensitif terhadap komponen yang terdapat dalam obat ini. Epitel herpes simpleks keratitis
(dendritic keratitis) vaccinia, varicella dan banyak penyakit penyakit akibat virus lainnya pada korena dan konjungtiva.


EFEK SAMPING

Efek samping yang sering terjadi pada pemakainan TOBROSON adalah pedih, rasa gatal dan merah merah pada conjungtiva. Reaksi ini terjadi terhadap kurang dari 4% pasien yang diobati dengan TOBOROSON. Reaksi sama dapat terjadi pada penggunaan antibiotik aminoglikosida lainnya. Jika Tobramycin topical pada mata digunakan bersama antibiotik aminoglikosida sistemik maka kadar serum total harus selalu dimonitor.
Reaksi yang disebabkan oleh komponen steroid adalah : meningkatnya tekanan intraocular (IOP) dengan kemungkinan terjadinya glaucoma dan yang jarang terjadi kerusakan saraf optic, pembentukan katarak subkapsular posterior dan keterlambatan penyembuhan luka.


PERINGATAN DAN PERHATIAN

Hindarkan pemakaian yang lama karena dapat menyebabkan pertumbuhan organisme yang tidak sensitive teramsuk jamur yang dapat menimbulkan super infeksi. Bila terjadi reaksi yang diperkirakan sebagai reaksi hipersensitif, maka pengobatan harus dihentikan.
Sensitiftas kadang terjadi pada sebagian pasien. Hentikan pemakaian
Penggunaan pada ibu hamil dan menyusui harus dalam pengawasan dokter.


PENYIMPANAN

Simpan pada suhu dibawah 300C, dalam wadah tertutup rapat.
Jangan dipergunakan 3 x 24 jam setelah dibuka.


KEMASAN

Botol plastic 0,6 mL
loading...

0 komentar :

Post a Comment