da Kondisi Tubuh pantang Berpuasa | BorneoS.F
Home » , » Kondisi Tubuh pantang Berpuasa

Kondisi Tubuh pantang Berpuasa


Dispensasi Puasa (Kondisi Sebaiknya Tidak Melakukan Terapi Berpuasa)

Dr. Sulaiman Azmi Basya mengatakan, “Teks ayat al Quran merekomendasikan bagi yang sakit boleh tidak berpuasa. Contohnya adalah para penderita penyakit yang jika melanggar akan berakibat buruk. Orang yang terkena demam, dalam kondisi apa pun; apalah tekanannya sedang tinggi atau rendah ia boleh tidak berpuasa, karena demam butuh perawatan khusus dan berimplikasi melemahkatuh n tubuh.




Puasa memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan menyehatkan tubuh. Tetapi pada kondisi tertentu puasa justru tidak dianjurkan karena dapat memperburuk kondisi tubuh. Kondisi tubuh itu diantaranya. : 

1Luka Lambung Dan Radang Usus

            Setiap orang yang sakit membutuhkan kadar konsumsi makanan dalam waktu yang berdekatan, seperti orang orang yang terkena penyakit luka pada lambung, radang usus dan sembellit. Bagi mereka diperbolehkan tidak berpuasa.

2Diare, Pendarahan dan Lemah Jantung

            “Setiap orang yang sakit ada kalanya mengalami drop atau konstruksi tubuhnya lemah dan butuh perawatan khusus. Termasuk orang yang terkena diare, pendarahan, atau lemah jantung. Mereka boleh tidak berpuasa.
            Orang sakit harus makan untuk menguatkan konstruksi tubuhnya. Demikian pula dalam proses pembedahan (operasi), masa masa pemulihan dari berbagai penyakit berat, penderita TBC paru paru, dan anemia. Mereka boleh tidak menjalankan puasa. Termasuk perempuan hamil yang dikhawatirkan membahayakan kandunganya, karena kehamilan butuh pasokan makanan. Kondisi lapar dapat membahayakan ibu dan janin dikandungannya.

3Tekanan Darah Rendah        

            Orang yang mengalami tekanan darah rendah kerap kali hilang kesadaran atau pingsan. Meraka juga boleh tidak menjalankan puasa.

4Diare berat

            Penyakit yang kontrAdiktif dengan puasa adalah diare berat yang butuh banyak cairan. Penyakit ini harus ditangani dengan cepat, agar tidak menjalar mengikuti aliran darah dengan rasa sakit yang luar biasa. Terutama harus minum obat khusus untuk melawan diare. Demikian pula penyakit demam tinggi yang terus meningkat butuh pengobatan segera untuk menurunkan kondisi panasnya.

            Selain itu penyakit radang saluran pernafasan (bronchitis) yang harus segera diobati, lika lambung, kondisi lemah jantung, kencing manis yang menimbulkan rasa haus yang luar biasa., pusing-pusing dan tubuh menggigil karena kadaa gula dalam darah rendah. Penderita penyakit penyakit tersebut tidak memmungkinkan untuk menjalankan puasa.

loading...

0 komentar :

Post a Comment